Ragam Jenis Jambu Air Termanis Dan Paling Sering Ditemui

Buah jambu air sendiri memiliki beragam jenis dengan manfaatnya masing-masing. Tidak heran kalau air jambu biji sangat cocok untuk budidaya. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, kandungan air dalam jambu biji sangat tinggi. Dengan begitu jambu biji, air sangat cocok sebagai kartu camilan sehat.

Ragam Jenis Jambu Air Termanis Dan Paling Sering Ditemui

Berikut 10 jenis air jambu manis berikut dan manfaatnya masing-masing telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jambu super hijau

Jambu madu super hijau adalah varietas unggul tanaman jambu mete. Jambu jenis ini memiliki keunggulan ukuran buah yang sangat besar. Jumlah air jambu biji ini bisa mencapai ukuran botol gelas.

Sementara itu, 1 kilogram, saat ditimbang, mengandung 4 air jambu biji. Meskipun ukuran buahnya besar, jambu super hijau memiliki rasa super manis.

Bisa dikatakan jambu biji ini memiliki rasa yang sama manisnya dari atas ke bawah.

2. Jambu Bol

Jambu Jamaica adalah jenis jambu mete unggul yang besar dalam ukuran buah.

Jambu bolama dapat mencapai ukuran tangan orang dewasa. Daging dari Guava Bol Jamaica cukup kental.

3. Jambu Air King Rose

Jambu Air Raja Mawar adalah salah satu varietas jambu air unggul dengan warna merah tua yang unik seperti mawar. Ukuran buah jambu biji juga tergolong jumbo, yang mencapai 200-350 gram per buah.

Keunggulan air mawar ini adalah Raja Mawar yang tidak kalah dengan jambu super hijau. Rasanya sangat manis dan segar dengan kadar air yang cukup tinggi dan secara mengejutkan buah jambu biji royal rose biasanya tidak memiliki biji sehingga lebih mudah dikonsumsi.

4. Jambu air buah delima

Delima adalah varietas unggul dari buah-buahan khas dari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Delima memiliki keunggulan daging yang renyah dan mengandung banyak air. Selain itu, rasanya yang manis menyerupai gambar jambu biji.

5. Jambu Air Cincalo Merah

Jambu cincalo merah adalah salah satu jenis jambu biji unggul dengan daging yang cenderung tebal dan padat.

Selain itu, rasa buahnya manis dan menyegarkan. Yang unik adalah bentuk buah jambu Cincinnati memanjang seperti bel, tetapi tidak ada lemak bulat di bagian tengahnya, sehingga terlihat lurus dari pangkal hingga ujung.

6. Jambu Air Citra

Jenis jambu paling manis berikutnya adalah gambar jambu biji. Jambu air ini adalah salah satu perairan jambu biji unggul dengan ukuran buah besar dipadukan dengan rasa super manis.

Pohon jambu biji dapat menghasilkan 3 buah. Keuntungan lain adalah bahwa citra tanaman buah jambu biji relatif mudah dibudidayakan dan panen tidak perlu waktu lama.

7. Jambu Air Bajang Leang

Jambu Bajang Leang adalah salah satu jenis air jambu biji yang paling banyak. Bentuk jambu biji ini sangat besar dengan warna-warna menarik dan rasa manis. Selain itu, kandungan air buahnya sangat tinggi.

8. Jambu Kesuma Merah

Jenis jambu paling manis berikutnya adalah jambu merah kesuma merah. Jambu air ini adalah salah satu jambu air unggul dengan buah merah. Selain itu, jambu biji ini memiliki daging yang tebal dan bahkan ketebalan lubang biji hampir tidak ada, membuat dagingnya padat dan sangat rapuh.

Keunggulan lain dari Jambu Air Merah Kesuma adalah ia memiliki tingkat kerapuhan yang sangat tinggi, membuat jambu biji kadang-kadang cukup sulit pecah ketika dimakan. 

Tanaman buah jambu merah muda memiliki waktu lebih lama untuk berbuah. Ini karena pohonnya besar dibanding jambu madu deli hijau. Biasanya pohon merah kesuma-jambu merah berbuah pada usia 13-15 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *