Contoh Bagan Susunan Organisasi Masjid Terlengkap

Pekerjaan inti pengurus masjid ialah memakmurkan masjid. Karena itu, pengurus masjid disebutkan ‘Takmir Masjid’ atau yang semakin diketahui dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Juga, tidak disangkal, jika masjid satu organisasi. Untuk instansi yang benar-benar sentra dalam kehidupan warga Muslim, seharusnya jika masjid diurus dengan sebagus-baiknya. Supaya arah ‘memakmurkan masjid’ bisa terwujud, mutlak diperlukan satu koordinasi. Ini dapat dilaksanakan dengan pembangunan susunan dan proses serta urain kerja, yang diikuti dengan memutuskan personil yang tempati susunan kepengurusan itu.

Posisi Masjid di Indonesia

Susunan pengurus masjid benar-benar bermacam. Hal tersebut tergantung pada posisi atau posisi, kecil besarnya masjid, atau tipe masjid. Di Indonesia, kita mengenali beberapa kehadiran masjid.

1. Ada di bawah Tubuh Hukum

Masjid ini ada di bawah satu tubuh hukum, seperti yayasan pendidikan, kampus, instansi, serta lembaga pemerintah serta swasta, perusahaan atau perkantoran.

2. Masjid Warga

Masjid ini ada di satu lingkungan permukiman warga.

3. Masjid Universitas/sekolah

Masjid ini ada di dalam suatu peruguran tinggi.

Menurut besar manfaatnya (bukan besar ukuran fisiknya), kita mengenali ketidaksamaan masjid jami’ serta masjid atau mushala. Masjid jami’ disimpulkan untuk masjid yang digunakan untuk shalat jum’at, sedang masjid atau mushala/surau/langgar tidak mengadakan shalat jum’at. Dengan ketidaksamaan itu, susunan organisasi kepengruusan bisa beragam di antara satu masjid serta masjid yang lain.

Susunan Organisasi Ta’mir Masjid Paling Simpel

Walau susunan DKM dapat berlainan sesuai posisinya serta besar cakupan manfaatnya, tetapi pada intinya DKM sekurangnya harus terbagi dalam tiga faktor, yakni (1) Pimpinan, (2) Pembantu Pimpinan, serta (3) Pelaksana Pimpinan.

Formasi Organisasi Masjid Bagus

Jika awalnya ialah susunan organisasi masjid paling simpel, formasi di bawah ini semakin bagus. Susunan ini dapat sesuai dengan besarnya Masjid. Menurut Ahmad Yani, minimal, ada dua mode susunan kepengurusan masjid atau DKM

Adanya contoh mengenai struktur pengurus takmir masjid ini, mudah-mudahan dapat membuat beberapa orang tertarik hatinya untuk ikut jadi pengurus takmir masjid hingga bisa jadi sisi dalam usaha memakmurkan masjid. Demikian bahasan tentang contoh struktur pengurus takmir masjid kesempatan ini, mudah-mudahan berguna serta dapat datangkan beberapa ide baru buat siapapun yang membacanya.

One Reply to “Contoh Bagan Susunan Organisasi Masjid Terlengkap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *